ASLIDOMINO' ASLIDOMINO' AGEN BERKAHPOKER'

Pencuri barang artefak kuno di China dihukum mati

Artefak kuno China.

 

aslidomino – Pengadilan China menjatuhkan hukuman mati kepada seorang pemimpin geng yang terbukti mencuri ribuan artefak kuno dan menjualnya demi keuntungan pribadi.

Terdakwa, Yao Yuzhong, merupakan penjahat kelas kakap yang memimpin sebuah geng beranggotakan sekitar 225 orang. Kelompok tersebut banyak melakukan tindak kejahatan tidak hanya pencurian, tetapi juga pemerkosaan. Yao ditangkap pada 2015.

Geng Yao diduga berada di belakang pencurian lebih dari 2.000 artefak kuno yang diambil dari sebuah situs bersejarah di Provinsi Liaoning, di mana para arkeolog sebelumnya menyatakan ada banyak peninggalan kuno berusia ribuan tahun.

“Pengadilan Tinggi Rakyat Provinsi Liaoning menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa karena menggali situs budaya dan makam kuno kemudian menjual kembali peninggalan budaya tersebut,” kata pengacara Yao, Bi Baosheng, dikutip dari Russia Today, Jumat (1/12), di sinyalir oleh awanQQ

Meski demikian, Baosheng menjelaskan bahwa hukuman itu ditangguhkan selama dua tahun untuk memberi waktu bagi Yao mengajukan banding atau mengurangi hukumannya jika dia berperilaku baik.

Praktik perampokan makam China sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Para penjahat menggali makam berisi banyak barang peninggalan orang-orang kaya yang menguburkan harta mereka. Namun beberapa dekade terakhir, perampokan mengalami peningkatan drastis.

Para perampok tersebut biasanya menjual artefak di pasar gelap atau terkadang di rumah lelang terkenal seperti Sotheby’s.

Kini pihak berwenang terus melakukan operasi untuk menggagalkan perampokan makam di negaranya. Pemerintah pun bekerja sama dengan rekan-rekan dari Eropa dan Amerika Serikat untuk menghentikan penyelundupan artefak kuno yang sering dibawa ke luar negeri dengan dalih replika.

DI BACA JUGA BERITA LAINNYA CLICK DI BAWAH INI !!!

Habib Rizieq bakal ‘live streaming’ di acara reuni aksi 212

 

Facebook Comments
Copyrights © 2010. All rights reserved         Content Protection by DMCA.com         Best viewed in 1024 x 768 resolution Kebijakan Privasi