ASLIDOMINO' ASLIDOMINO' AGEN BERKAHPOKER'

5 tempat tinggal orang yang panjang umur dan paling sehat di dunia

5 tempat tinggal orang yang panjang umur dan paling sehat di dunia

5 tempat tinggal orang yang panjang umur dan paling sehat di dunia

 

RAJAIDR – Gaya hidup tak sehat membuat sebagian besar manusia modern terserang penyakit serius. Meski demikian, ada beberapa tempat yang justru dihuni orang-orang tua dan paling sehat di dunia.

Jika dihitung, harapan hidup manusia secara global rata-rata mencapai 71,4 tahun. Dengan kata lain, ada beberapa negara dengan harapan hidup lebih rendah dan lebih tinggi.

Dan jika Anda penasaran di mana saja orang-orang dengan harapan hidup paling tinggi, atau hidup paling sehat dan panjang umur, ternyata ada 5 tempat yang menduduki peringkat tertinggi. Dilansir dari TIME.com, tempat-tempat ini disebut dengan The Blue Zones, tempat di mana orang dengan umur paling tua dan sehat.

1. Sardinia, Italia

Faktor pola makan berbasis nabati, olahraga harian dan kedekatan keluarga menjadikan tempat ini sebagai slaah satu tempat dengan populasi orang paling sehat dan panjang umur. Penduduknya rata-rata adalah penggembala kambing yang berjalan setidaknya lima mil (8 km)per hari. Orangtua-orangtua di sini juga diasuh dengan baik oleh anak-anak perempuan mereka, sehingga tidak heran jika kemudian mereka hidup panjang umur dan menurunkan gen M26 (varian genetik yang terkait dengan umur panjang), diturunkan ke generasi berikutnya.

2. Okinawa, Jepang

Jepang memiliki banyak daerah dengan harapan hidup tinggi, tapi yang paling unggul adalah di Okinawa, di mana penduduknya memiliki budaya yang menekankan hubungan keluarga dan komunitas yang erat. Penduduk di Okinawa menjaga budaya hidup dan perilaku sehat serta menjaga hubungan sosial yang kuat. Itulah mengapa, tempat ini memiliki jumlah penduduk wanita paling panjang umur di dunia, rata-rata melebihi usia 100 tahun.

3. Nicoya, Costa Rica

Sebagian besar penduduk Blue Zone pasti menghindari makan makanan olahan, di Nicoya aturan ini lebih ketat lagi. Penduduk Nicoya sebagian besar mendapatkan asupan kalori dari hasil panen seperti kacang, labu, jagung dan buah-buahan tropis. Diat kaya gizi ini tentu membuat tubuh sehat dan kuat. Didukung dengan kepercayaan mereka yang disebut plan de vida, hidup yang teratur dan terarah secara agama membuat mereka hidup rata-rata lebih dari 90 tahun.

4. Loma Linda, Calif., Amerika Serikat

Meski dikenal dengan negara tak sehat tapi ternyata ada satu tempat di Amerika Serikat yang masuk Blue Zone. Tempat ini didominasi penduduk beragama Protestan. Dengan menjalankan prinsip dasar agama dan menjaga kedamaian pikiran, menghindari makan daging dan banyak makan tanaman, biji-bijian serat kacang-kacangan, penduduk Loma Linda hidup 10 tahun lebih lama dibanding penduduk Amerika lainnya.

5. Ikaria, Yunani

Orang Ikaria memiliki kebiasaan sehat tidur siang, diimbangi dengan disiplin menjalankan diet Mediterania dan menjaga hubungan baik dengan keluarga serta tetangga. Karena tempat tinggal mereka di pegunungan, tidak heran jika mereka sering berjalan jauh. Bahkan penduduk di sini menerapkan puasa dan lebih memilih minum susu kambing dibanding susu sapi agar sehat. Rata-rata orang Ikaria hidup lebih dari usia 90 tahun tanpa mengalami pikun dan penyakit kronis.

Wah, ternyata itu dia sekian tempat yang masuk kategori The Blue Zone. Tidak heran ya jika mereka bisa sehat dan panjang umur, gaya hidupnya saja sudah bikin takjub.

Facebook Comments
Copyrights © 2010. All rights reserved         Content Protection by DMCA.com         Best viewed in 1024 x 768 resolution Kebijakan Privasi