ASLIDOMINO' ASLIDOMINO' AGEN BERKAHPOKER'

Inilah kecanggihan bandara apung di dunia, Indonesia juga ada

Inilah kecanggihan bandara apung di dunia, Indonesia juga ada

Inilah kecanggihan bandara apung di dunia, Indonesia juga ada

 

RAJAIDR – Indonesia memiliki bandara terapung pertama yang berada di Semarang, Bandara Ahmad Yani. Setelah direnovasi kini terlihat lebih modern dan canggih. Seluruh fasilitas diganti menjadi lebih baik. Bandara Ahmad Yani resmi digunakan untuk penerbangan pertama kali. Setelah penerbangan pertama, bandara berkonsep mengapung ini diresmikan Presiden Joko Widodo.

 

1. Bandara Internasional Kai Tak

Bandara ini terletak di Hongkong, yang saat ini ditutup dan berganti nama menjadi Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok, 30 km ke arah barat. Dengan berbagai gedung pencakar langit dan gunung-gunung yang terletak di sebelah utara dan satu-satunya landasan pacu yang menjorok ke laut, pendaratan di sinilah yang terkenal “sulit”nya. pendaratan pesawat di runway 13 harus dilakukan berbelok dan menukik sekitar 40 derajat.

Bandara ini dibangun di atas sebuah pulau buatan dengan luas wilayah 1,255 hektar. Tak sekadar dibangun sebagai terminal penumpang terbesar di dunia. Tapi bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, terutama bagi wisatawan muslim. Di bandara ini terdapat beberapa beribadah bagi wisatawan muslim.

 

2. Bandara Kobe Jepang

Bandara ini berada di tengah-tengah pulau buatan di Teluk Osaka, sangat jauh daru kota Osaka. Tapi lokasinya terhubung dengan Provinsi Kansai. Ada satu jembatan yang menghabiskan 21.000.000 m3 untuk menghubungkan tanah reklamasi agar bisa dilalui mobil maupun kereta. Bandara Kobe memiliki 42 gerbang keberangkatan. Kecanggihan bandara ini adalah dari struktur bangunannya yang ringan dan tahan gempa.

Masih di Jepang, Bandara Internasional Kansai merupakan bandara terapung pertama yang dibangun di Jepang. Bandara ini juga didesain tahan dengan gempa. Beberapa bandara terapung lainnya yaitu Osaka-Kansai Airport, Bandara Nagoya-Centreair, dan Bandara Terapung Kyushu.

 

3. Bandara London Britannia

London Britannia menjadi bandara tersibuk di sana. Bahkan mereka berencana membangun landasan pacu ke tiga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Untuk pembangunan landasan pacu ke tiga ini, membutuhkan kawasan yang luas. Sedangkan London cukup padat. Alhasil, dibangunlah bandara baru mengapung di muara Sungai Thames.

Salah satu kelompok yang mencetuskan pilihan ini adalah Perusahaan Penelitian dan Pengembangan Muara Thames (Testrad). Mereka sudah merilis rencana baru untuk Bandar Udara London Britannia yang “inovatif dan spektakuler”.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Copyrights © 2010. All rights reserved         Content Protection by DMCA.com         Best viewed in 1024 x 768 resolution Kebijakan Privasi