ASLIDOMINO' ASLIDOMINO' AGEN BERKAHPOKER'

Jangan Bunuh Laba-laba yang ada di Rumahmu, baca manfaat pentingnya disini!

Jangan Bunuh Laba-laba yang ada di Rumahmu, baca manfaat pentingnya disini!

Jangan Bunuh Laba-laba yang ada di Rumahmu, baca manfaat pentingnya disini!

 

RAJAIDR – Sewaktu kamu membersihkan bagian sudut dari rumahmu yang cukup lama sudah tidak kamu pedulikan, besar kemungkinan kamu akan menemukan sarang laba-laba. Kadang kamu tidak hanya menemukan sarangnya, tapi juga laba-labanya. Kebanyakan orang akan tergoda untuk membunuhnya, tapi sebaiknya jangan kamu lakukan. Kenapa? berikut ini alasan pentingnya!

 

1. Laba-laba adalah bagian penting dari ekosistem dalam rumahmu, yang sebaiknya kamu biarkan

Pada dasarnya laba-laba juga merupakan bagian penting dari alam. Tidak membunuhnya bukan berarti untuk menjaga hak asasinya sebagai makhluk hidup, tapi demi kepentinganmu dan keluargamu sendiri. Orang umumnya akan lega jika mereka dipastikan tidak ada kontak sama sekali dengan hewan di luar sana. Namun kebanyakan laba-laba rumahan itu tidak sengaja terperangkap di dalam rumahmu.

 

2. Ada beberapa laba-laba yang hanya berkunjung “sementara” ke dalam rumahmu dan ada juga yang memang menikmati hidup di dalam ruangan

Laba-laba yang menikmati hidup di dalam ruangan akan membentuk sarang dan berkembang biak di sekitarnya juga. Hampir semua laba-laba ini tidak agresif dan tidak berbahaya. Bahkan mereka sangat berguna dalam memangsa hama ataupun memakan laba-laba lainnya.

 

3. Sekelompok peneliti mengadakan survey visual pada 50 rumah di Carolina Utara, untuk mengetahui segala hal tentang laba-laba rumahan

tiap rumah yang diobservasi memiliki laba-laba di dalamnya. Laba-laba yang paling banyak ditemukan adalah spesies umum seperti laba-laba berjaring 3 dimensi (cobweb spiders) dan laba-laba gudang (cellar spiders). Keduanya membangun sarang dari jaring mereka untuk menangkap mangsanya. Laba-laba gudang kadang meninggalkan sarangnya untuk berburu mangsa di sekitarnya. Mereka mampu berpura-pura jadi mangsa untuk menangkap sesamanya dan menjadikannya santapan.

 

4. Walaupun laba-laba memang predator, yang memakan segala sesuatu yang mereka tangkap, mereka rutin menangkap hama pengganggu bahkan serangga pembawa penyakit

Yang paling sering mereka tangkap adalah nyamuk. Ada tipe laba-laba peloncat yang lebih suka memangsa nyamuk yang sudah berisikan darah. Karenanya membunuh laba-laba tidak hanya akan melenyapkan nyawanya, tapi juga menyingkirkan predator yang terpenting di rumahmu.

Laba-laba tidak keluar ke tempat terbuka untuk menyergapmu, bahkan mereka lebih memilih untuk menghindari manusia. Kita jauh lebih berbahaya untuk mereka, bukan sebaliknya. Gigitan laba-laba itu sangatlah langka, meskipun ada beberapa laba-laba eksotik yang beracun, gigitan mereka juga sangat jarang terjadi dan langka menyebabkan masalah serius.

Kalau kamu benar-benar tidak tahan dengan keberadaan laba-laba di dalam kamarmu, gudang atau di bagian manapun rumahmu, lebih baik kamu menangkapnya dan melepaskannya ke alam terbuka. Itu jauh lebih mending daripada dipukul sampai mati. Kalau kamu tidak masalah dengan keberadaan laba-laba, biarkan mereka hidup di bagian khusus rumahmu yang tidak perlu selalu terlihat bersih, mereka akan berguna untukmu.

Facebook Comments
Copyrights © 2010. All rights reserved         Content Protection by DMCA.com         Best viewed in 1024 x 768 resolution Kebijakan Privasi